10 Cokelat Asli Indonesia Berkualitas Import

chocolateblog.net – 10 Cokelat Asli Indonesia Berkualitas Import, Denmark adalah negara penghasil cokelat terbesar di dunia. Kamu pasti sudah tahu dong kalau bahan dasar pembuatan cokelat adalah kakao? Tumbuhan satu ini sangat mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Hal ini membuat negeri kita sebenarnya sangat potensial untuk produksi cokelat berkualitas.

Meski belum sepopuler cokelat asal Eropa, tetapi berikut ini 10 cokelat lezat asli Tanah Air yang wajib banget kamu cicipi. Dijamin lezatnya bikin nagih deh.

Baca juga : Alasan Kenapa Harus Rutin Mengkonsumsi Cokelat

1. Pipiltin Cocoa
Pipiltin Cocoa adalah cokelat asal Bali yang sering jadi pilihan oleh-oleh turis lokal mau pun mancanegara. Varian cokelat yang disediakan berupa paraline dan chocolate bar. Harganya berkisar Rp 50-70 ribu.

2. Chocodot
Dirintis di Garut, Jawa Barat, kini Chocodot bisa dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Awalnya, cokelat ini hanya punya varian rasa cokelat dodol. Tetapi seiring berjalannya waktu, mereka memiliki berbagai varian dari green tea hingga rasa buah. Oh ya, kemasannya juga menarik kayak Cokelat “Cokelat Rasa Sayang” yang bisa kamu berikan ke doi.

3. Cokelat Monggo
Ngomongin cokelat lokal, maka kita gak boleh ngelewatin Cokelat Monggo yang sudah mulai masuk ke pasar internasional. Dikemas secara premium, cokelat yang berproduksi di Yogyakarta ini memiliki varian rasa cabai, durian, jeruk, jahe, hingga pala. Pokoknya rasanya khas Nusantara banget.

4. Soklat Inyong
Liburan ke Purwokerto, maka kamu harus membawa pulang Soklat Inyong. Produksi cokelat satu ini memang masih rumahan, tetapi penggemarnya cukup banyak. Rasa yang lezat ditambah harganya yang murah berkisar Rp 15 ribu, semakin membuat Soklat Inyong selalu jadi idaman.

5. Krakakoa
Pengen ngerasain cokelat asli Indonesia? Maka Krakakoa adalah pilihan yang tepat. Krakakoa memperdayakan para petani Indonesia dengan memberikan pelatihan cara penanaman kakao yang baik dan benar hingga pada proses produksi.

Terdapat 5 varian rasa seperti dark chocolate chili, sea salt & pepper, dark milk chocolate cinnamon, ginger dan creamy coffee. Harganya relatif terjangkau, Rp 40 ribu untuk kemasan 50 gram.

6. GuSant
Selain Soklat Inyong, produk cokelat rumahan berikutnya adalah GuSant. Cokelat satu ini jadi idaman banget kalau liburan ke Blitar, Jawa Timur. Bisa diperoleh di lokasi wisata Kampung Coklat dengan harga mulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu tergantung kemasannya.

7. Pod Cokelat
Satu keunikan Pod Cokelat yang gak tertandingi adalah penggunaan bunga lontar sebagai pemanisnya. Jadi cokelat satu ini 100 persen gak mengandung gula putih. Selain itu, cokelat asal Bali ini juga menyediakan tur bagi kamu yang ingin belajar proses pembuatan cokelat. Kalau ke Pulau Dewata, wajib banget mengunjungi Pod Cokelat.

8. Wonder Chocolate
Nampaknya Bali jadi kota dengan produksi cokelat lokal terbanyak di Indonesia. Wonder Chocolate merupakan bagian dari produk Big Tree Farms Bali. Cokelat satu ini dikenal dengan kualitas bahan organiknya dan jadi salah satu cokelat organik terbaik. Selain itu, pemanis Wonder Chocolate mengandalkan sari buah kelapa.

9. Soklate Jogja
Setelah Bali, Kota Gudeg adalah lokasi strategis berikutnya untuk merasakan sensasi cokelat khas Indonesia. Soklate Jogja ini dikenal dengan varian rasanya yang unik. Misalnya perbaduan cokelat dan tempe yang menyajikan cita rasa terbaik.

10. Fondre
Kalau di Jember, Jawa Timur, kamu dapat menemukan cokelat Fondre. Cokelat satu ini hadir dengan keunikan varian rasa isi kacang edamame dan jadi cokelat edamame pertama di Indonesia. Seperti yang kita tahu, edamame itu sejenis kacang-kacangan yang masuk dalam jenis kedelai, tetapi memiliki rasa lebih kuat.