Alasan Kenapa Harus Rutin Mengkonsumsi Cokelat

chocolateblog.net – Alasan Kenapa Harus Rutin Mengkonsumsi Cokelat, Agaknya cukup sulit untuk menemukan orang yang tidak menyukai cokelat. Selain rasanya yang manis dan bertekstur lembut, cokelat juga dianggap sebagai obat untuk mengembalikan mood seseorang.

Mungkin belum banyak yang tahu jika cokelat ternyata masih memiliki manfaat kesehatan lainnya. Mulai dari meningkatkan daya ingat serta kecerdasan, hingga dipercaya mampu memperpanjang usia seseorang.

Baca juga : Makan 2 Cokelat Mampu Kurangi Stroke

Bagi kamu yang penasaran mengenai manfaat cokelat untuk tubuh, kumparan (kumparan.com) telah merangkum sederet alasan yang membuktikan bahwa cokelat baik dikonsumsi secara rutin. Apa saja?

1. Cokelat Meningkatkan Kecerdasan
Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa mengkonsumsi cokelat minimal satu kali seminggu dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Kandungan yang terkandung di dalam kakao dipercaya dapat mengurangi risiko pikun pada orang dewasa yang berusia 50 hingga 69 tahun. Jenis antioksidan flavonol yang ditemukan dalam cokelat bisa meningkatkan sirkulasi darah pada area otak, sehingga hal ini akan berdampak baik pada kecerdasan seseorang.

2. Cokelat Meningkatkan Kesehatan
Selain meningkatkan kecerdasan, cokelat juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan kakao pada cokelat dianggap mampu menurunkan tekanan darah, terutama jenis dark chocolate yang memiliki kandungan kakao lebih banyak. Sebuah penelitian pada tahun 2012 lalu bahkan menyatakan hal tersebut, namun hingga saat ini para peneliti masih mencari bukti lain untuk membuktikan korelasi kakao dengan kesehatan seseorang.

3. Cokelat Meningkatkan Konsentrasi
Untuk membuktikan hal ini, para peneliti menyarankan kamu untuk mengkonsumsi cokelat di sore hari saat gula darah pada tubuh sedang menurun. Cokelat dikemas dengan indeks glikemik yang cukup rendah dan mampu memberikan energi pada tubuh lebih lama. Dibandingkan dengan cornflakes, indeks glikemik pada cokelat lebih rendah, sehingga tidak akan menaikkan gula darah terlalu cepat.

4. Cokelat Meningkatkan Nafsu Makan
Selain itu, cokelat juga bisa meningkatkan nafsu makan karena mengandung cannabinoid, suatu senyawa yang diketahui dapat mempengaruhi hipotalamus (bagian otak yang mengendalikan rasa lapar). Mungkin cokelat tidak baik dikonsumsi kamu yang sedang menjalani diet ketat, tapi justru baik bagi mereka yang mengalami penurunan nafsu makan.

5. Cokelat Meningkatkan Kewaspadaan
Cokelat tentu menjadi camilan yang baik bagi kamu yang sedang merasa lalai akhir-akhir ini. Hal ini karena cokelat mengandung stimulan yang disebut theobromine, suatu zat yang mirip dengan kafein.

Theobromine dipercaya mampu memberikan efek yang sama dengan kafein, yaitu membuat kamu lebih waspada. Namun perbedaannya, zat ini tidak akan membuat konsumen menjadi gugup. Kandungan kafein pada cokelat pun tidak sebanyak kopi, yaitu hanya 1 mg saja dalam 3 batang cokelat.