Batuk Bisa Disembuhkan Oleh Cokelat

Chocolateblog.net – Ketika Anda batuk, apa yang Anda lakukan untuk meredakan gejalanya? Kebanyakan memilih minum sirup obat batuk. Padahal, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa ada yang lebih efektif daripada sirup, yaitu cokelat.

Profesor Alyn Morice, kepala penelitian kardiovaskular dan pernapasan di University of Hull dan anggota pendiri International Society for Study of Cough, mengatakan cokelat memiliki efek menenangkan pada batuk.

Alyn, dalam tulisannya untuk MailOnline, mengatakan para peneliti baru saja melihat hasil studi terbaru dari obat-obatan yang dijual bebas. “Ini membuktikan bahwa obat baru yang mengandung kakao lebih baik daripada sirup linctus standar,” kata Alyn yang telah menghabiskan bertahun-tahun meneliti batuk, dikutip dari Mirror, Jumat 11 Januari 2019.

Penelitian terhadap 163 orang ini mengungkapkan bahwa pasien yang minum obat berbasis cokelat membuat kemajuan yang signifikan dalam dua hari.

Baca juga : Valentine Dan Cokelat

Sebenarnya ini bukan studi pertama yang mengungkapkan bahwa cokelat bisa meredakan gejala batuk. Sebelumnya, para peneliti di Imperial College, London, juga menemukan bahwa theobromine, suatu alkaloid yang ada dalam kakao, dapat menekan keinginan untuk batuk dibandingkan dengan kodein. Kodein adalah bahan yang sering digunakan dalam sirup obat batuk.

Bagaimana Cokelat Bisa Mengatasi Batuk? Profesor Alyn Morice mengatakan, cokelat memiliki sifat yang keras atau lengket. Artinya, ia dapat membentuk lapisan di ujung saraf tenggorokan dan menekan keinginan untuk batuk.

Sayangnya, bukan berarti gejala batuk hanya bisa dirasakan dengan makan biskuit cokelat. Mengonsumsi sebatang cokelat sebenarnya juga bisa memberikan efek lega, tetapi zat ini akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan lain dalam obat. Jadi, coba saja cari obat batuk berbahan dasar cokelat.