Beberapa Kebun Coklat di Jawa Timur

Chocolateblog.net – Cokelat, siapa yang nggak ketagihan kalau sudah makan atau minum olahan aneka cokelat? Dari yang balita sampai orang dewasa, hampir semua orang gemar mengonsumsi makanan berwarna gelap yang manis menggoda tersebut.

Nah, kalau ada tempat di mana kamu akan disuguhi semua yang serba cokelat, kira-kira berminat mampir dong pasti? Karena belakangan sektor pariwisata semakin menjadi primadona, maka lahir inisiatif dari daerah-daerah di bawah ini untuk memperkenalkan cokelat ke masyarakat melalui sektor ekowisata. Gak cuma sekadar jalan-jalan, beberapa kebun wisata cokelat di Jawa Timur berikut bakal ajak kamu pelesir sambil belajar. So, don’t miss it, guys!

1. Kampung Cokelat Blitar
Kalau ngomongin soal wisata edukasi cokelat yang paling booming beberapa waktu lalu mungkin jawabannya adalah Kampung Coklat satu ini nih. Terletak di Kademangan, Kabupaten Blitar, Kampung Cokelat menempati kebun kokoa seluas 750 m persegi. Kegiatan seru yang bisa dilakukan wisatawan di sana adalah menyaksikan langsung pembibitan oleh petani, atau melihat pengolahan biji kokoa hingga menjadi cokelat.

Kamu juga bisa mencicipi berbagai olahan cokelat yang ada dari makanan, minuman, hingga kudapan yang boleh juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Atau, kamu ingin mengikuti cooking class supaya jadi jago mengolah cokelat dengan benar? Bisa banget! Cukup datang ke Kampung Coklat, tiket masuknya juga murah meriah, yaitu sebesar 5 ribu rupiah saja lho!

2. Doesoen Kakao, Banyuwangi
Rugi kalau kamu belum pernah mampir ke Doesoen Kakao yang ada di daerah Glenmore, Banyuwangi. Glenmore punya salah satu jenis cokelat terbaik yakni Cokelat Edel, yang katanya punya rasa dan after-taste yang unik daripada yang lain. Cokelat Edel ini juga menjadi jenis paling diminati produsen cokelat di Swiss serta Belgia, lho!

Tentunya, berwisata ke Doesoen Kakao, Kebun Kendeng Lembu gak akan membuat jalan-jalanmu sia-sia. Gak cuma menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata, berbagai paket wisata mulai dari belajar sejarah tentang kakao, belajar budidaya kakao, melihat pengolahan biji kakao, sampai icip-icip produk cokelat Glenmore yang terkenal legit-legit nikmat tersedia di sana.

3. Kebun Coklat Majapahit
Wisata serba cokelat selanjutnya ada di Mojokerto nih. Namanya Kebun Cokelat Majapahit, sesuai dengan citra Mojokerto sebagai bekas pusat kerajaan besar di Indonesia, Majapahit.

Letak persisnya kebun ini adalah di Wisata Desa Randugenengan, Dlanggu. Walau masih terbilang sebagai tempat agro wisata baru, setiap hari kebun cokelat ini tak pernah sepi pengunjung, terutama anak-anak sekolah yang sedang melakukan wisata edukasi.

Di tempat tersebut, seluruh wisatawan diberi kesempatan untuk mencoba menanam langsung buah kakao, kemudian berlanjut memetik serta mengolahnya menjadi sebuah produk. Usai itu, pengunjung bisa mengonsumsi beragam olahan cokelat segar. Wuihh.. Siapa yang gak ngiler?

Baca Juga : Manfaat Dari Dark Cokelat Untuk Otak

4. Coffee and Cocoa Science Techno Park, Jember
Berbeda dengan tempat-tempat wisata sebelumnya yang memang merupakan perkebunan cokelat, Coffee and Cocoa Science Techno Park adalah tempat wisata yang berbasis sebagai pusat penelitian. Spesialnya, pusat penelitian yang terletak di Jember ini gak cuma mengajak pengunjung belajar tentang cokelat saja, melainkan juga tanaman perkebunan Indonesia yang utama, yakni kopi.

Dengan fasilitas beragam yang disediakan, yang di antaranya adalah berkeliling ke kebun percontohan, atau outlet kopi dan kakao bagi yang ingin berwisata kuliner, kamu gak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis! Asyik.

5. Rumah Cokelat Trenggalek
Wisata edukasi cokelat yang gak kalah angetnya nih, Rumah Coklat Trenggalek. Berangkat dari potensi kokoa di Trenggalek yang sangat tinggi, maka Bupati Emil Dardak berusaha mengembangkan destinasi edukasi baru pada masyarakat agar mengenal lebih dekat mengenai cokelat, mulai dari proses awal hingga akhir pengolahan cokelat.

Nah, liburan selanjutnya Rumah Cokelat ini bisa jadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat-sahabatmu. Asli deh bakal menyenangkan!