Konsumsi Cokelat Dapat Memperbaiki Mood

Konsumsi Coklat Dapat Memperbaiki Mood

Chocolateblog.net – Taukah anda bahwa coklat punya manfaat untuk tubuh jika anda mengkonsumsinya. Tapi di saran kan oleh para dokter konsumsi coklat juga tidak boleh kelebihan dikarenakan akan menimbulkan effect samping yang akan merugikan tubuh.

MEREDAKAN STRES

Cokelat hitam banyak mengandung magnesium yang membantu Anda mendapatkan rasa rileks dan nyaman. Kandungan magnesium akan lebih tinggi jika cokelat yang Anda konsumsi mengandung susu dan kacang almond. Senyawa ini juga berfungsi untuk menangani depresi, menstabilkan tekanan darah, serta membantu mengatasi premenstrual syndrome pada wanita yang memiliki masalah pada perubahan mood dan emosi.’

MENUTRISI OTAK

Cokelat mengandung dua bakteri baik yaitu laktobasilus dan bifidobacterium yang banyak ditemukan pada suplemen probiotik. Fungsinya tidak hanya untuk mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus, tetapi juga menjadi nutrisi yang baik bagi otak. Selain itu, kedua bakteri tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari pengaruh radikal bebas. Sehingga, ketika otak dalam kondisi baik, maka perubahan mood juga akan membaik.

ADANYA KANDUNGAN SENYAWA KAFEIN

Kafein yang selama ini kita kenal sebagai kandungan utama dari kopi ternyata juga terdapat dalam secangkir cokelat panas atau sebatang cokelat. Kafein menyimpan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak, mencegah penurunan fungsi kognitif serta membuat tubuh terasa lebMEREDAKAN STRES

Cokelat hitam banyak mengandung magnesium yang membantu Anda mendapatkan rasa rileks dan nyaman. Kandungan magnesium akan lebih tinggi jika cokelat yang Anda konsumsi mengandung susu dan kacang almond. Senyawa ini juga berfungsi untuk menangani depresi, menstabilkan tekanan darah, serta membantu mengatasi premenstrual syndrome pada wanita yang memiliki masalah pada perubahan mood dan emosi.

Baca juga : Coklat Merupakan Makanan Yang Sehat

MENUTRISI OTAK

Cokelat mengandung dua bakteri baik yaitu laktobasilus dan bifidobacterium yang banyak ditemukan pada suplemen probiotik. Fungsinya tidak hanya untuk mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus, tetapi juga menjadi nutrisi yang baik bagi otak. Selain itu, kedua bakteri tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari pengaruh radikal bebas. Sehingga, ketika otak dalam kondisi baik, maka perubahan mood juga akan membaik.ih rileks dan nyaman.

ADANYA KANDUNGAN SENYAWA KAFEIN

Kafein yang selama ini kita kenal sebagai kandungan utama dari kopi ternyata juga terdapat dalam secangkir cokelat panas atau sebatang cokelat. Kafein menyimpan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak, mencegah penurunan fungsi kognitif serta membuat tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

Coklat Merupakan Makanan Yang Sehat

Coklat Merupakan Makanan Yang Sehat

Chocolateblog.net – Apakah benar cokelat merupakan makanan yang nggak sehat? Ternyata apabila masih dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, cokelat khususnya cokelat hitam sangat baik bagi kesehatan.

Para ahli menemukan bahwa cokelat baik untuk jantung, sirkulasi dan otak, serta dapat membantu penyembuhan autism, obesitas, dan diabetes. Lalu, selain yang disebutkan tadi, manfaat apa lagi sih yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi cokelat? Simak yuk!

Cokelat yang mengandung susu memang memiliki kandungan gula yang tinggi. Nggak heran bila  SCR888 terasa manis dan lezat. Sayangnya, cokelat ini justru bisa memicu diabetes. Sebaiknya pilihlah dark chocolate yang nggak dicampur oleh bahan lain sehingga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa cokelat hitam membantu mengembalikan fleksibilitas pada arteri dan mencegah sel-sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan.

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi cokelat dapat menurunkan risiko terkena stroke? Bukan sekedar mitos, nyatanya 17% dari hasil penelitian di Finlandia ini terbukti pada kaum laki-laki. Kakao yang terkandung dalam cokelat terdiri dari flavonoid yang memiliki antioksidan dan dapat menekan oksidasi kepadatan lipoprotein yang rendah penyebab penyakit stroke

Selain enak dimakan, cokelat hitam juga banyak mengandung mineral yang bermanfaat, seperti kalium, zat besin, tembaga, dan selenium. Kandungan tembaga ini membantu zat besi membentuk sel darah merah yang sehat dan menjaga sistem imun dan saraf dalam tubuh. Meski begitu, kamu tetap perlu mengonsumsi sumber mineral lain yang nggak ada di dalam cokelat ya, Bela!

Kolesterol tinggi memang berbahaya bagi tubuh. Nggak heran bila banyak orang yang mulai membatasi konsumsi daging, seafood dan jeroan untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat. Tenang saja, konsumsi cokelat hitam nyatanya telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Di samping itu, makanan ini juga berpotensi menurunkan resiko penyakit karidovaskular lho!

Baca juga : Coklat Merupakan Makanan Yang Sehat

Sering lihat kan cokelat dijadikan sebagai salah satu bahan kandungan pada produk kecantikan? Masker, body lotion, hingga kondisioner yang terbuat dari cokelat nggak hanya memiliki aroma yang manis namun juga dapat melembutkan kulit dan rambut! Tak perlu heran, cokelat nyatanya memang memiliki manfaat untuk kecantikanmu. Kandungan flavonol dan oksidan yang tinggi pada cokelat hitam dianggap dapat melindungi kulit dari kerusakan akibatkan paparan sinar matahari. Namun, walaupun begitu kamu tetap masih harus menggunakan sunblock yah!

Banyak orang berasumsi bahwa terlalu banyak mengonsumsi cokelat akan menaikkan berat badan. Namun sebaliknya, cokelat justru dapat membantu menurunkan berat badanmu! Kok bisa sih? Tentu dong! Ternyata mengonsumsi cokelat sebelum makan dapat lebih cepat memicu hormon di otak yang mengatakan “sudah kenyang” sehingga membantu memotong porsi makanmu. Namun, tentu saja kamu harus membatasi asupan cokelat karena kandungan gulanya yang tinggi!

Bukan hanya untuk kita yang sedang diet, cokelat ternyata juga dapat mengurangi stres pada ibu hamil. Bahkan, penelitian di FInlandia menemukan bahwa ibu yang sering mengonsumsi cokelat, akan melahirkan bayi yang lebih sering tersenyum dibandingkan yang nggak mengonsumsinya. Wah, apakah dulu ibumu senang memakan coklat saat hamil?

Kandungan gula yang tinggi membuat cokelat dianggap sebagai cemilan yang nggak sehat. Bukan hanya menumpuk kalori, makanan ini juga dapat merusak gigi! Walaupun terdengar nggak masuk akal, tetapi kakao terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun bukan cokelat susu, kamu tentu harus mengonsumsi cokelat hitam dengan takaran yang pas. Mengonsumsinya secara teratur dianggap dapat menghambat obesitas.

Sering dengar kan saran orang untuk makan cokelat saat sedang bersedih? Ternyata hal ini ada benarnya. Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA) yaitu bahan kimia yang sama dengan yang diciptakan otak ketika kamu merasa jatuh cinta. PEA ini bekerja untuk mendorong otak melepaskan endorfin sehingga kamu akan merasa lebih bahagia. Di samping itu, cokelat juga mengandung zat flavanols yang dapat meningkatkan daya ingat pada orang tua dan zat anti-inflamatori yang dapat mengobati cedera otak seperti gegar otak.

Manfaat Coklat Bagi kesehatan

Manfaat Coklat Bagi kesehatan

Chocolateblog.net – Tidak heran banyak orang memberikan cokelat kepada orang yang mereka cintai. Selain tanda-tanda kasih sayang, cokelat memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Berikut Manfaat Coklat Bagi kesehatan.

1. Jantung yang sehat Anda harus tahu bahwa nutrisi cokelat berasal dari biji kakao. Mengapa Karena biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavonoid. Di antara berbagai jenis cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling penting yang mengandung nutrisi ini. Apa manfaat flavonoid? Zat-zat ini memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, menurut para ahli kesehatan di Universitas Harvard, konsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko fibrilasi atrium ketika detak jantung yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung dan komplikasi jantung lainnya.

2. Memperbaiki otot lebih cepat Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot. Kurang percaya? Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori mengalami pemulihan lebih cepat.

3. Meningkatkan kemampuan otak Kalau Kamu mulai sering lupa, coba konsumsi cokelat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel. Nah, kalau pemenang Hadiah Nobel saja mengonsumsi lebih banyak cokelat, mungkin kita juga harus begitu.

Baca juga : Fakta Bahwa Coklat Disukai Banyak Orang

4. Membersihkan kulit Mungkin dulu orangtua pernah melarang kita makan cokelat karena akan merusak kulit. Ternyata, mengonsumsi cokelat justru memperbaiki kulit. Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Tapi sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

5. Mengurangi nafsu makan berlebih Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu mengunyah lebih banyak lagi. Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen. Hal itu berlaku kalau Kamu menyukai makanan manis, asin, atau berlemak.

Apa Boleh Cokelat Untuk Buah Hati

Apa Boleh Cokelat Untuk Buah Hati?

Chocolateblog.net – Memang benar coklat banyak di sukai oleh semua orang dan termasuk anak-anak namun ada beberpa para ahli mengatakan coklat itu berbahaya gak sih buat anak-anak khususnya pada balita.

Anak ngemil boleh-boleh saja dong, asal camilannya nggak sembarangan. Saat anak ngemil cokelat juga boleh lho, tapi ada hal-hal yang perlu kita perhatikan nih, Bun.

“Sebaiknya pilih cokelat yang kandungan kakaonya 70 persen,” saran Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, dalam Kidzania Chocolate Creation with Silver Queen di Kidzania, Pacific Place, Jakarta Selatan, Jumat, (9/2/2018).

Kenapa harus yang 70 persen? Kata Rita, agar anak-anak dapat manfaat sehat dari cokelat yang dimakan.

Lalu gimana kita tahu ya cokelat yang dimakan anak kandungan kakaonya 70 persen? Rita bilang, bisa dilihat di label kemasannya, Bun. Sering tuh ditulis: dibuat menggunakan 70 persen cokelat.

Baca juga : Makan Makanan Penutup Mousse Cokelat

Selain itu biasanya kalau cokelat dibuat menggunakan 70 persen kakao, rasanya dominan pahit. Jadi kalau kita makan cokelat justru dominan manis, bisa jadi itu cokelat abal-abal karena kandungan kakaonya sedikit, dan justru lebih banyak campuranny, seperti gula yang lebih banyak.

“Cokelat yang 70 persen, 30 persennya itu lemak tambahan nabati dan lainnya termasuk gula,” sambung Rita.

Kalau makan cokelat untuk rekreasi, maka yang kandungan kakaonya 50 persen masih oke kok, Bun. Yang nggak oke itu kalau kandungan kakaonya cuma 30 persen, soalnya bisa jadi yang dimakan anak kebanyakan adalah gula.

“Kalau kandungan cokelatnya nggak 70 persen, biasanya malah bisa menaikkan asam lambung karena dominan gula dan lemak jenuh,” terang Rita.

1 2 3 4