Coklat bubuk jenis Van Houten

Chocolateblog.net – Coklat yang satu ini merupakan brand ternama dalam kategori coklat bubuknya. di karenakan memiliki tekstur yang halus dan mudah di apliklikasi ke bahan kue yang ingin kita baut.

Salah satu brand Coklat bubuk jenis Van Houten yang aslinya berasal dari Amsterdam, Belanda, dan merupakan inovasi pertama cokelat yang dalam bentuk bubuk yang bisa dinikmati langsung hanya dengan menambahkan air panas. Idenya ditemukan pertama kali oleh Coenraad Johannes Van Houten.

Namun beberapa sumber menyebutkan ayahnya, Casparus van Houten Sr. yang sebenarnya menemukan proses ini. Van Houten adalah nama keluarga yang secara harfiah berarti “berasal dari daerah Houten, Belanda”.

Pada tahun 1820an, minuman cokelat pada awalnya tidak seperti sekarang. Cokelat pada masa lalu cenderung berkualitas buruk, berserat, asam, dan sulit larut dalam air. Hal ini tidak praktis untuk kebutuhan rumah tangga. Van Houten kemudian berusaha mencari cara agar minuman ini bisa menjadi minuman instan cukup menambahkan air panas.

Akhirnya ia menemukan metoda pemrosesan Belanda yang kemudian dipatenkan atas izin Raja William I dari Belanda. Dengan menambahkan garam alkali (potasium atau sodium karbonat), keasaman cokelat berkurang dan serat yang ada menjadi halus. Inovasi ini mendapat penghargaan dan pada 1850 van Houten mulai membuka pabrik di berbagai penjuru dunia, dimulai dari Weesp, Belanda dan Krefeld, Jerman, dan lainnya[2]

Dengan produksi yang cepat dan murah, minuman cokelat dengan segera menjadi populer dan dinikmati rumah tangga.

Brand van Houten berkali-kali berpindah kepemilikan. Pada tahun 1971 van Houten dikuasai oleh Leonard Monheim, Aachen Germany. Kemudian pada tahun 1986 oleh Jacobs Suchard AG. Pada 1990 oleh KJ Jacobs AG. Hingga akhirnya dibeli oleh Barry Callebaut dan disatukan dalam Barry Callebaut Group pada tahun 2000.