Fakta Dari Cokelat Putih

Chocolateblog.net – Selain cokelat hitam kita tentu juga mengenal cokelat putih. Banyak orang yang cukup heran dengan nama dari makanan yang satu ini karena cokelat yang biasanya kita tahu bewarna cokelat gelap, bisa menjadi cokelat yang berwarna putih. Berikut ini adalah beberapa fakta dari cokelat putih yang perlu kamu ketahui.

1. Bukan cokelat yang sebenarnya
Baik cokelat hitam maupun cokelat putih memang berasal tanaman kakao namun tetap saja cokelat putih bukanlah termasuk golongan cokelat yang sebenarnya. Menurut FDA untuk bisa disebut sebagai cokelat, produk tersebut haruslah mengandung cairan cokelat yang memberikan rasa cokelat dan berwarna cokelat gelap.

2. Semakin putih warnanya bukan berarti semakin baik
Jika kamu berpikir semakin putih sebuah cokelat putih akan semakin bagus, segera ubah pikiran tersebut. Karena nyatanya cokelat putih terbuat dari cocoa butter yang berwarna kuning gading . Cocoa butter adalah lemak kakao yang berasal dari biji kakao.

3. Cokelat putih masih tergolong baru bila dibandingkan cokelat hitam
Cokelat telah ditemukan selama lebih dari 200 tahun tetapi cokelat putih baru terlihat pertama kali di Eropa selama Perang Dunia I. Kalau perusahaan Nestle memperkenalkan cokelat putih untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1930-an.

Baca Juga : Tempat Kuliner Cokelat Wajib di Surabaya

4. Warna yang sebenarnya bukanlah berwarna putih
Istilah cokelat putih sendiri hanyalah sekedar sebutan belaka. Cokelat ini bisa berwarna putih karena adanya campuran dari bahan-bahan yang membuat cokelat ini menjadi putih, seperti susu.

5. Tidak memiliki kandungan antioksidan yang sama dengan cokelat hitam
Kita tahu bahwa cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi namun itu tidak berlaku untuk cokelat putih. Ini dikarenakan antioksidan hanya ada pada cocoa bukan di cocoa butter yang menjadi bahan dasar membuat cokelat putih.

6. Ada ketentuan kandungan tersendiri
Bagi suatu produk untuk bisa dikatakan memilki kandungan cokelat putih haruslah mengikuti standar yang telah ada. Di Amerika Serikat produk tersebut haruslah mengandung 20% cocoa butter dan untuk gula atau pemanis lainnya harus kurang dari 55% . Standar kandungan cocoa butter ini juga berlaku di Kanada dan Eropa.