Jenis Cokelat untuk Membuat Kue

chocolateblog.net – Jenis Cokelat untuk Membuat Kue, Hampir semua orang menyukai kue dengan rasa cokelat. Namun, sudah tahukah Anda bahwa cokelat yang biasa digunakan untuk membuat kue ada banyak jenisnya?

  • Cokelat Premium

Cokelat premium mengandung 50%-70% cokelat padat, dengan kandungan gula, minyak nabati, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan jenis lainnya.

  • Couverture

Couverture, merupakan jenis cokelat terbaik yang mengandung Agen Joker123 mentega kakao atau cocoa butter. Cokelat ini dijual dalam bentuk bittersweet, semisweet, putih, atau cokelat susu. Couverture sangat baik untuk digunakan sebagai bahan celupan karena sangat cair ketika meleleh, sehingga biasa disebut juga chocolate coating.

Baca juga : Cara Membuat Cokelat dari Bubuk Kakao

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki warna lebih gelap, rasa lebih pekat, dan lebih banyak mengandung bahan kimia yang baik bagi kesehatan. Dark chocolate dibuat dari cokelat cair, bubuk cokelat, serta lemak cokelat, tanpa susu.

  • Semisweet Chocolate

Semisweet Chocolate atau dikenal juga dengan nama dark cooking chocolate merupakan salah satu jenis cokelat hitam dengan tambahan mentega kakao dan gula. Sesuai namanya, semisweet memiliki rasa sedikit manis dan biasanya dipakai sebagai bahan dessert.

  • Sweet Chocolate

Sweet chocolate hampir sama dengan semisweet chocolate, namun lebih banyak mengandung gula dan biasanya digunakan untuk menghias kue.

  • Cokelat Pahit

Cokelat pahit atau baking chocolate merupakan bahan baku untuk membuat cokelat masak, berbentuk batangan dan tidak mengandung gula. Cokelat jenis ini juga sering digunakan dalam membuat kue dan karena tidak mengandung gula, aman bagi penderita diabetes.

  • Cokelat Masak

Cokelat masak chocolate compound terbuat dari cokelat pahit, gula, susu, essence, lesitin, digunakan sebagai bahan pembuat kue.

  • Pasta Cokelat

Pasta cokelat dibuat dari ekstrak coklat yang bentuknya cairan kental. Pasta inilah yang sering digunakan untuk memberikan aroma pada cake, kue, pudding, atau minuman.

  • Cocoa Butter

Cocoa Butter berbentuk pasta kental, dan dibuat dari 50% lemak cokelat yang ditambah gula, perasa, dan pengental. Cocoa butter sering digunakan untuk membuat es krim dan dessert.

  • Meises

Meises atau rice chocolate dibuat dari bubur cokelat padat atau cokelat murni, lemak coklat, susu, gula, essence, lesitin, dan minyak goreng. Meises berbentuk seperti beras, ada yang berwarna cokelat saja, ada juga yange berwarna-warnti, biasa digunakan sebagai taburan roti atau kue.

  • Cokelat Putih

Sebenarnya, cokelat putih atau white chocolate bukan coklat, karena tidak mengandung kakao sedikit pun. White chocolate dibuat dari campuran minyak cokelat, susu, gula, lesitin, dan vanili. Cokelat putih yang tidak mengandung minyak cokelat disebut sebagai coating.

  • Cokelat Susu

Cokelat susu atau milk chocolate dibuat dari, 25% kakao, 12% susu, dan gula. Cokelat susu memiliki rasa yang manis dan lembut, namun kandungan antioksidannya sangat rendah.

Demikianlah seluk beluk cokelat, si manis yang digemari banyak orang. Dengan mengetahui jenis-jenis cokelat dan cara membuat cokelat yang ternyata tak terlalu rumit, kini Anda bisa mulai berkreasi menciptakan cokelat dengan aneka warna, bentuk, dan rasa untuk dinikmati sendiri maupun diberikan kepada orang-orang tercinta.