Kegunaan Dan Jenis – Jenis Coklat

Chocolateblog.net – Berikut ini kita akan membahas apa saja kegunaan yang bisa kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi cokelat dan juga kita akan membahas jenis jenis cokelat tersebut dimana setiap cokelat memiliki manfaat yang berbeda, cara pembuatan yang berbeda, dan lain sebagainya. Berikut beberapa kegunaan dan jenis jenis cokelat yang akan kita bahas,

1. Compound Chocolate.

Compound Chocolate komposisinya hampir sama dengan couverture chocolate tetapi cocoa butter yang ada digantikan oleh lemak nabati lainnya yang murah seperti minyak kelapa atau soya. Cocoa butter juga sebenernya termasuk lemak nabati tetapi kenapa disebut butter mungkin karena memiliki sama warna kuning dan harganya mahal seperti butter.

Secara rasa compound chocolate cenderung semi-sweet atau sweet karena banyak pemahaman kalo cokelat pahit itu bukanlah cokelat, namun secara penanganan lebih mudah. Compound chocolate lebih banyak digunakan untuk cokelat dekorasi dan terkadang juga untuk buat ganache, praline dan lain-lain. Karena pertimbangan harga yang jauh lebih murah dari couverture.

Ada 3 jenis compound chocolate yaitu :

Dark chocolate compound.
Yaitu cokelat batangan yang berwarna pekat, rasa cokelatnya lebih terasa dan tidak mengandung susu. Cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya.

Milk chocolate compound.
Yaitu cokelat batangan yang berwarna cokelat yang merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila.

White chocolate compound.
Yaitu cokelat batangan yang berwarna putih, mengandung cokelat batangan yang berwarna putih, mengandung cokelat dan caco butter.

2. Milk Chocolate

Milk Chocolate adalah coklat yang terbuat dari pasta coklat yang di tambahkan dengan lemak coklat, susu, gula dan vanila. Milk chocolate merupakan jenis coklat yang biasa di konsumsi langsung dan milk chocolate tidak cocok di gunakan untuk membuat kue, karena kandungan coklat yang relatif sedikit, chocolate ini mudah hangus bila di lelehkan.

Baca Juga : Jenis Cokelat yang Wajib Anda Ketahui

3. Couverture Chocolate.

Jenis couverture adalah cokelat terbaik, cokelat ini sangat murni dengan persentase lemak kakao yang tinggi mulai 32-39% sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik dan lebih mengkilap. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan. Dalam penggunaannya cokelat couverture harus dilelehkan dengan cara ditim terlebih dahulu agar tampilannya tidak kusam. Umumnya cokelat jenis ini dibuat dua rasa yaitu bittersweet dan milk chocolate. Rasanya cenderung pahit serta harganya lebih mahal. Secara garis besar kandungan di dalam cokelat couverture adalah cocoa mass dan cocoa butter dan gula (untuk tipe dark chocolate, sedangkan untuk milk dan white biasa menggunakan padatan susu didalamnya menggantikan cocoa powder) untuk pahit dan manisnya tergantung dari keseimbangan antar jumlah real chocolatenya dengan gula. Selain rasanya enak, baik untuk kesehatan tetapi punya kelemahan secara penyimpanan dan penanganan (khususnya buat praline dan agak sensitif terhadap panas). Cokelat couverture selain membutuhkan peralatan khusus, proses pengolahannya juga lebih sulit. pengolahan coklat ini adalah dengan cara di “temper” atau dilelehkan.

4. Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan kakao tinggi dan terdiri dari empat jenis: manis, semi-manis, pahit, dan tanpa pemanis. Dark chocolate manis menggunakan 35 – 45% biji kakao dan memiliki campuran susu. Dark chocolate manis ini biasa digunakan untuk membuat brownies. Dark chocolate semi-manis sering digunakan untuk kue, cookies, juga brownies. Memiliki rasa manis yang sedang dan berisi 40 – 62% kakao. Dark chocolate pahit mengandung 60 – 85% kakao, tergantung pada merek. Cokelat ini umumnya memiliki campuran susu yang sangat sedikit. Dark chocolate pahit ini sering digunakan untuk kue yang dipanggang. Dark chocolate tanpa pemanis. Cokelat jenis ini berisi hampir 100% kakao dna tidka ada campuran susu sama sekali. Hanya cocok untuk baking atau kue-kue, dan kurang enak jika langsung dimakan langsung.

5. Cokelat bubuk

Cokelat bubuk adalah cokelat yang mempunyai aroma yang kuat, tidak tengik, tidak bulukan, dan tidak berjamur. Ada beberapa jenis coklat bubuk yaitu coklat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit yang sangat berguna karena mempunyait sifat mengeringkan adonan kue. Jenis lainnya yaitu coklat bubuk yang mempunyai kepekatan sedang, atau coklat bubuk yang sedang yang mudah ditemukan di swalayan atau pasar. Coklat bubuk atau cocoa powder terbuat dari bungkil/ampas biji coklat yang telah dipisahkan lemak coklatnya. Bungkil ini dikeringkan dan digiling halus sehingga terbentuk tepung coklat.

Proses pembuatan coklat bubuk ada 2 cara:

1. Melalui proses natural.

Cocoa natural sedikit asam. Kebanyakan coklat bubuk yang dijual dipasaran adalah jenis cocoa natural. Coklat bubuk natural dibuat dari bubur coklat atau balok coklat pahit, dengan menghilangkan sebagian besar lemaknya hingga tinggal 18-23%. Coklat jenis ini berbentuk tepung, mengandung sedikit lemak, dan rasanya pahit. Banyak sekali yang menggunakan coklat bubuk jenis ini sebagai bahan campuran untuk membuat kue.

2. Melalui proses dutch.

Cocoa dutch digunakan sebagai bahan untuk membuat coklat panas karena aromanya lebih lembut.