Manfaat Coklat Bagi Anak

Chocolateblog.net – Kita sering mendengar larangan makan cokelat untuk anak-anak karena dapat menyebabkan kerusakan gigi atau dapat meningkatkan berat badan. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena cokelat juga mengandung nutrisi yang baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tentu saja, para ibu yang ingin memberikan cokelat kepada anak-anak mereka harus memperhatikan kualitas cokelat yang dikonsumsi. Jangan biarkan anak-anak hanya makan cokelat berkualitas rendah yang hanya mengandung 20% ​​cokelat atau bahkan kurang, kemudian tambahkan banyak gula dan banyak lemak jenuh. Cokelat seperti ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

Lalu, seperti apakah cokelat yang baik untuk kesehatan? Jenis cokelat yang baik untuk kesehatan adalah jenis cokelat hitam atau dark chocolate dengan kadar cokelat murni 70%. Cokelat hitam ini juga diketahui baik untuk kesehatan jantung. Biasanya anak-anak akan lebih menyukai cokelat susu atau milk chocolate karena mengandung 50% cokelat murni dan ditambah sedikit gula, susu, dan vanili. Kadar cokelat murni inilah yang harus diperhatikan oleh para ibu agar anak-anak benar-benar mengonsumsi cokelat berkualitas sehingga bisa mendukung tumbuh kembang mereka.

Sebagai salah satu makanan yang digemari anak-anak, cokelat memberikan manfaat yang tidak sedikit untuk mendukung kesehatan anak-anak. Berikut adalah beberapa manfaat cokelat yang baik bagi kesehatan anak-anak.

Baca juga : Dunia Sangat butuh Coklat

  1. Anak jadi tidak mudah sakit
    Cokelat mengandung flavonoid tinggi yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anti oksidan ini akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang biasanya disebabkan oleh kerusakan lingkungan. Anak-anak dengan segudang kegiatannya seperti sekolah dan bermain di luar rumah membutuhkan antioksidan agar mereka tidak mudah terserang penyakit.
  2. Mencegah kerusakan gigi
    Theobromine yang terkandung di dalam cokelat ternyata bisa mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan bakteri yang ada di rongga mulut. Jadi, dengan mengonsumsi cokelat yang benar-benar berkualitas baik gigi anak-anak malah akan terjaga kesehatannya.
  3. Membantu anak belajar lebih baik
    Cokelat diketahui baik untuk kesehatan otak, dan mampu meningkatkan memori otak manusia. Manfaat ini sangat baik bagi anak-anak untuk membantu mereka belajar dan meningkatkan prestasi mereka.
  4. Menyehatkan sistem pencernaan
    Anak-anak yang susah makan kadang mengalami masalah pada sistem pencernaan mereka. Dengan mengonsumsi cokelat, anak-anak akan mendapatkan magnesium yang merupakan mineral penting untuk membantu proses regulasi sistem pencernaan.
  5. Menambah semangat anak-anak
    Dengan takaran yang benar dan porsi yang cukup, cokelat dapat menambah energi agar anak-anak semangat melakukan segala jenis kegiatan mereka. Hal ini karena cokelat juga merangsang produksi endorphin, yang menciptakan perasaan bahagia dan senang. Cokelat memang baik untuk anak-anak yang selalu semangat ingin tahu dan sering sekali memerlukan banyak gerak di setiap kegiatan mereka sehari-hari.

Cokelat bisa dinikmati secara langsung dalam bentuk cokelat batangan, minuman coklat panas, dan bentuk lainnya. Ini karena cokelat sebenarnya bisa diolah menjadi makanan dan minuman sesuai selera.cokelat juga sering kita temukan sebagai makanan pelengkap seperti sebagai selai yang dioleskan pada roti atau isian roti sandwich. Kreasi resep cokelat ini bisa menjadi pelengkap energi anak-anak untuk sarapan maupun bekal mereka setiap hari.