Manfaat Coklat Bagi kesehatan

Chocolateblog.net – Tidak heran banyak orang memberikan cokelat kepada orang yang mereka cintai. Selain tanda-tanda kasih sayang, cokelat memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Berikut Manfaat Coklat Bagi kesehatan.

1. Jantung yang sehat Anda harus tahu bahwa nutrisi cokelat berasal dari biji kakao. Mengapa Karena biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavonoid. Di antara berbagai jenis cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling penting yang mengandung nutrisi ini. Apa manfaat flavonoid? Zat-zat ini memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, menurut para ahli kesehatan di Universitas Harvard, konsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko fibrilasi atrium ketika detak jantung yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung dan komplikasi jantung lainnya.

2. Memperbaiki otot lebih cepat Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot. Kurang percaya? Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori mengalami pemulihan lebih cepat.

3. Meningkatkan kemampuan otak Kalau Kamu mulai sering lupa, coba konsumsi cokelat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel. Nah, kalau pemenang Hadiah Nobel saja mengonsumsi lebih banyak cokelat, mungkin kita juga harus begitu.

Baca juga : Fakta Bahwa Coklat Disukai Banyak Orang

4. Membersihkan kulit Mungkin dulu orangtua pernah melarang kita makan cokelat karena akan merusak kulit. Ternyata, mengonsumsi cokelat justru memperbaiki kulit. Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Tapi sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

5. Mengurangi nafsu makan berlebih Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu mengunyah lebih banyak lagi. Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen. Hal itu berlaku kalau Kamu menyukai makanan manis, asin, atau berlemak.