Manfaat Dari Dark Cokelat Untuk Otak

Chocolateblog.net – Terdapat banyak alasan kenapa si kecil boleh makan cokelat, terutama dark chocolate, apalagi menjelang musim ujian. Bukan hanya karena rasanya yang membuat anak-anak suka. Tetapi juga manfaatnya untuk kecerdasan otak si kecil. Apalagi cokelat juga mengandung tryptophan, asam amino yang meningkatkan kadar serotonin, membuat kita merasa lebih bahagia dan relaks.

Dark chocolate dengan kandungan 70% cocoa, dipercaya mampu melindungi otak dari kerusakan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi hingga mengurangi stress. Secara lebih detail, ini dia manfaat cokelat untuk perkembangan otak

Meningkatkan aliran darah ke otak

Kandungan flavonoids dalam cocoa terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Peningkatan ini mempertajam daya ingat, konsentrasi, mempercepat reaksi dan kemampuan penyelesaian masalah.

Riset yang dilakukan di Harvard Medical School menemukan, dengan meminum dua cangkir cokelat panas, aliran darah ke otak meningkat dalam 2-3 jam. Percobaan ini dilanjutkan dengan tes kecepatan daya ingat pada orang dewasa muda maupun lanjut usia, yang skor akhirnya meningkat 30%. Kesimpulannya, peningkatan aliran darah ke otak membantu kerja memori jangka pendek dan mencegah penurunan mental pada usia lanjut.

Melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas

Otak kita memerlukan banyak asupan oksigen, sekitar 20% dari kebutuhan seluruh tubuh. Tapi ini juga membuat berisiko mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas alias molekul oksigen yang tidak terikat, menyerang sel-sel otak kita dengan cara yang sama seperti oksigen menyerang logam hingga berkarat atau apel yang berubah coklat setelah dikupas.

Baca Juga : Khasiat Cokelat untuk Kecantikan Kulit

Bubuk cokelat mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel otak dengan cara menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah sel otak menua lebih cepat. Kadar antioksidannya dinilai lebih tinggi dari superfood seperti acai, blueberry, dan delima.

Meningkatkan kemampuan belajar, fokus dan daya ingat

Kandungan flavonoid dalam cokelat meningkatkan fungsi kerja bagian-bagian otak, terutama hippocampus yang bertanggung jawab pada memori jangka panjang dan navigasi ruang. Cokelat juga mengandung kafein, yang dikenal sebagai penguat otak untuk memori, mood dan fokus dalam kadar rendah. Kadar kafeinnya lebih rendah dari kopi sehingga tidak membuat sulit tidur, tetapi lebih tinggi dari teh hijau.

Membantu membebaskan stress

Cokelat mengandung Magnesium, yang membuat kita terbebas dari stress dengan menekan pelepasan hormon stress, kortisol. Tidak banyak jenis makanan yang mengandung mineral ini, dan dark chocolate salah satunya yang mudah didapat. Menekan stress juga membuat daya ingat lebih tajam, lebih fokus, mood lebih baik dan kita bisa tidur dengan lebih nyaman.