Pilih Jenis Cokelat untuk Hasil Baking yang Oke

Chocolateblog.net – Cokelat merupakan salah satu bahan pembuatan roti, cake, dan pastry yang banyak digemari oleh setiap orang, mulai dari anak anak sampai orang tua. bagi kalian yang hobi memasak kue maka sangat disarankan untuk tidak sembarang memilih cokelat yang akan dipanggang dengan kue yang anda buat. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk memilih cokelat yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kue yang baik.

Ada lima jenis cokelat yang biasa digunakan untuk baking. Kenali satu per satu, yuk!

Couverture

Merupakan jenis cokelat terbaik karena kandungan cokelatnya murni dengan persentase cocoa butter lebih tinggi dibanding jenis cokelat lain. Rasanya agak pahit dan fruity, serta mudah lumer di lidah.

Teksturnya sangat cair ketika meleleh sehingga biasanya digunakan untuk coating atau celupan. Jenisnya beragam, seperti bittersweet, semisweet, white couverture, dan milk couverture.

Compound

Olahan cokelat yang terdiri dari campuran 50% gula, 50% cocoa butter dan bubuk kakao. Berbeda dengan couverture, compound tidak cepat meleleh sehingga bisa disimpan pada suhu hingga 30 derajat Celsius. Harganya pun lebih murah.

Ada tiga jenis cokelat compound:

Dark chocolate compound : Warnanya cokelat pekat cenderung hitam. Tidak mengandung susu murni, melainkan cokelat cair, bubuk cokelat serta minyak cokelat.
Milk chocolate compound: Mengandung 12% susu, 25% cocoa, dan gula. Rasanya manis dan lembut. Cocok untuk membuat brownies atau cake.
White chocolate compound: Mengandung gula, minyak cokelat, dan susu. Biasa digunakan untuk coating atau hiasan.

Baca Juga : Kegunaan Dan Jenis – Jenis Coklat

Cocoa Powder

Cocoa powder atau cokelat bubuk berwarna cokelat muda dan beraroma kuat. Bisa untuk membuat roti, cake bahkan minuman cokelat.

Meises

Disebut juga rice chocolate. Terbuat dari campuran bubur cokelat, lemak cokelat, gula, susu, esens dan lesitin. Biasa untuk hiasan cake atau roti.

Pasta Cokelat

Terbuat dari ekstrak cokelat yang bentuknya kental. Mudah dijumpai dalam kemasan botol dan biasa digunakan untuk memberi aroma pada roti dan cake.

Gunakan cokelat yang tepat agar hasil baking maksimal.